Asesmen Nasional Pada Sekolah Dasar Tahun 2022
Oleh; John Subardi

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang
sekolah dasar di Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang Provinsi Nusa
Tenggara Timur (NTT), terlaksanakan secara semi
daring dan daring. Hal ini terjadi karena akses jaringan internet yang tidak
lancar. Selain itu pelaksanaan ANBK kali
ini berpola mandiri dan menumpang ke
sekolah lain. Meskipun demikian, para pendidik dan tenaga kependidikan berupaya
untuk melaksanakan asesmen nasional Berbasis komputer sesuai POS Asesmen Nasional
(AN) tahun 2022. Tentu hal ini terlaksana untuk menjawab instrumen asesmen pemetaan
mutu pendidikan pada sekolah dasar di Amfoang Timur khususnya. Sehingga hasil
asesmen akan terbaca pada rapor satuan pendidikan masing-masing sekolah.
Kondisi sekolah dengan berbagai keterbatasan akses itu, bukan alasan bagi peserta didik, pendidik, dan
tenaga kependidikan untuk tidak menjawab soal-soal Asesmen Nasional yang kedua tahun 2022. Semangat terlaksanakan asesmen secara nasional pada sekolah dasar di Amfoang Timur,
kiranya mencapai harapan menuju
pendigitalan sistem pendidikan pada sekolah dasar di batas NKRI dengan negara
Timor Leste.
Selanjutnya, implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer pada sekolah dasar di Amfoang Timur, saya kaji dalam konsep; Pelaksanaan dan Tantangan; Berupaya dan Solusi; dan Penutup.
gbr. dok.SDN Mamlasi di Lab SMAN 1
Pelaksanaan dan TantanganPelaksanaan Asesmen Nasional
(AN) pada satuan pendidikan dasar di kecamatan Amfoang Timur berpedoman pada Peraturan
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 013/H/PG.00/2022 tentang Prosedur Oprasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional, tanggal 24 Maret 2022. POS AN memandu pelaksanaan asesmen secara nasional yang antara lainnya panduan Pelaksana Tingkat Satuan Pendidikan.
Sudah tentu pelaksanaan asesmen secara nasional terlaksana dalam ruang leb, menggunakan alat komputer, leptop, chromebook, dan jaringan internet, listrik serta media tik lainnya. Pertanyaan, apakah semua alat tersebut di atas terpenuhi pada sekolah dasar di Amfoang Timur? Pertanyaan tersebut muncul atas keadaan yang masih mengalami kekurangan media tik pada sekolah dasar di Amfoang Timur. Jikalau demikian, bagaimana cara sekolah untuk melaksanakan asesmen secara nasional? Untuk itu, sekolah melakukan penjabaran sesuai POS AN melalui berbagai tahap kegiatan teknis dengan asas sinergi. Secara teknis beberapa sekolah melaksanakan asesmen mandiri dan menumpang ke sekolah lain. Dengan demikian tentu karena terdapat kekurangan di sana sini.
gbr.dok.sdn netemnanu di tempat ada jaringan internet.
Oleh karena itu tim teknis tingkat satuan pendidikan di
Amfoang Timur membuat pemetaan lokasi kegiatan
yang terdiri dari SDN Mamlasi, SDN Leomanu, dan SDN Nunanah melaksanakan
asesmen ke Lab SMAN I Amfoang Timur. SDN Netemnanu (Lab SDN Netemnanu) melaksanakan
asesmen mandiri dan meminjam chrombook milik SMPN 2 Amfoang Timur. Tetapi ketika pada tahap pelaksanaan, karena
jaringan internet tidak lancar harus ke desa Netemnanu Selatan. SDK Bokos
melaksanakan asesmen ke SMPK Sant. Daniel Oepoli. SDN Oepoli, SD Gemit Taloi bergabung
ke lab SDN Tataum untuk melaksanakan
asesmen moda semi daring. SDN 2 Tataum melaksanakan asesmen mandiri dalam
jaringan dan meminjam media chrombook milik SMPN 1 Amfoang Timur. SDI Kifu (Lab
SDI Kifu) melaksanakan asesmen mandiri.
Di sisi lain, kemampuan peserta didik untuk menggunakan alat digital hampir di bawah persentase rata-rata. Pengetahuan untuk menjawab soal-soal literasi dan numerasi tentu berpengaruh akibat dari kurang latihan di sekolah menggunakan alat tik seperti komputer atau leptop. Keadaan tersebut menandai implementasi asesmen nasional pada sekolah dasar di Amfoang Timur masih sangat tertinggal. Dengan demikian hasil asesmen tahun ini akan terbaca dalam rapor satuan pendidikan masing-masing.
dok. gbr. Tim Teknisi
Berupaya dan Solusi
Dengan demikian, implementasi pelaksanaan secara mandiri dan menumpang ke sekolah lain, serta menggunakan moda daring dan semi daring rupanya jalan keluar asesmen nasional pada satuan pendidikan dasar di Amfoang Timur.
dok. SDI Kifu
Penutup
Menarik dalam kajian implementasi Asesmen Nasional jenjang satuan pendidikan dasar
di Amfoang Timur dari konsep; Pelaksanaan dan Tantangan, Berupaya dan
Solusi, menandai semangat pada satuan pendidikan dasar selalu siap, meskipun
di daerah sangat tertinggal dari akses tik untuk melaksakan ANBK tahun 2022.
Implentasi ANBK pada jenjang satuana pendidkan dasar di
Amfoang Timur masih mengalami berbagai kekurangan. Sekolah berupaya untuk
bersinergi dengan dinas pendidikan dan mitra kerja terutama para pemerhati
pendidikan di lingkungan sosial sekitar sekolah. Selanjutnya di sekolah menyiapkan
aliran listrik ke sekolah, ruang laboratorium (lab), media komputer dan leptop,
jaringan internet. Selain itu, dalam rencana
anggaran biaya operasional sekolah menyiapkan biaya untuk peningkatan kompetensi pendidik
dan tenaga kependidkan di sekolah. Dengan
demikian hasil ANBK pada jenjang
pendidikan dasar di kecamatn Amfoang Timur akan terbaca dalam laopran resmi
atau rapor sekolah masing-masing tahun
2022. (Oepoli, 5/11/2022)
..........................................
5 komentar:
saya belajar literasi. Kajian saya masih tidak rapi. Kritik dan saran teman literasi kiranya bermanfaat untuk tulisan selanjutnya. terima kasih.
Mantap, dengan begini orang di luar Amfo'an jadi tau konteks dan kondisi pendidikan terdepan dari wajah Indonesia
Jaya amfoang
Ini kajian Terlengkap. Untuk menutup segala rangkaian kegiatan AN selama tahun 2022. Semoga para pejuang Nasional yg ad di Belahan pulau lain dapat melihat realitas kita sebagai sebuah titik evaluasi untuk perkembangan pendidikan dari sikon Akar Rumput. 🇲🇨🇲🇨💪🏻
Salam semangat. Tim teknis ANBK Kec. Amfoang Timur.
Terima kasih Pak Guru
Posting Komentar