MENINJAU PENDIDIKAN DI TAPAL BATAS NEGARA KITA
gbr. dok. sekolah (19/02/2015)
Apabila menuju Amfoang Timur akan bermuara di Oepoli. Jalur alternative adalah menyusur jalan darat pantai utara dan jalur timur (jalan Timor Raya) melalui wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Kalaupun lewat jalur timur, menyusur dari bawah kaki gunung Mutis hingga Neten’mnanu’ (gunung) sampai Oepoli.
Berkenaan dengan itu, kajian ini meninjau dan memandang serta menghargai pendidikan di tapal batas negara kita sebagai upaya Pemerintah Daerah dan Pusat di bidang pendidikan.
Gbr. Kegiatan Berintegritas di
SMPK Sant. Daniel Oepoli (dok. 05/12/2020)
Batas Wilayah Kecamatan Amfoang Timur
Amfoang Timur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ibu kota kecamatan bertempat di Fatuknutu (Netemnanu Selatan). Luas Wilayah Kecamatan Amfoang Timur 270,53 km2. Batas wilayah Kecamatan Amfoang Timur adalah Utara; Laut Sawu, Selatan; Amfoang Selatan, Barat; Amfoang Selatan, dan Timur berbatasan dengan Nagara Republik Demokrasi Timor Leste (RDTL). (https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=AmfoangTimur,Kupang&oldid=16636765)
Sekolah di Kecamatan Amfoang Timur
Perhatian pemerintah daerah Kabupaten Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam berbagai bidang pembangunan menuju Amfoang Timur eksis. Bidang Pendidikan misalnya, setiap desa membangun Sekolah Dasar (SD) Negeri/Swata dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri / Swasta, termasuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu ada bentuk penyelenggaraan pendidikan seperti; Paud, TKK, Kelompok Belajar (KB) bagi anak-anak usia dini. Sehingga di kecamatn Amfoang Timur terdapat 18 sekolah dasar dan menengah yang tersebar di 5 (lima) desa.
- Sekolah di desa Nunuanah
Ø SDN Nunuanah
Ø SDN Leomanu
Ø SMP Negeri 1 Amfoang Timur Satap
Ø SMA Negeri 2 Amfoang Timur
- .
Sekolah di desa Kifu
Ø SDI Kifu
Ø SMP Negeri 1 Amfoang Timur Satap
- .
Sekolah di desa Netemnanu
Selatan (Tataum)
Ø SDN Tataum
Ø SDN 2 Tataum
Ø SDN Mamlasi
Ø SMP Negeri 3 Mamlasi Satap
Ø SMA Negeri 1 Amfoang Timur
- .
Sekolah di desa Netemnanu
Utara (Oepoli)
Ø SDK Bokos
Ø SD Gmit Taloi
Ø SDN Oepoli
Ø SMP Katolik Sant.Daniel
Oepoli
Ø SMP Negeri Oepoli Satap
- .
Sekolah di desa Netemnanu (Taloi)
Ø SDN Netemnanu
Ø SMP Negeri 2 Amfoang Timur Satap.
Penyelenggaraan sekolah tersebut di atas, kiranya memahami topografis Amfoang Timur di tapal batas. Terkait dengan topografis wilayah di tapal batas tersebut, dalam Peraturan Mendiknas menjelaskan, ”Penyelenggaraan pendidikan bagi satu kelompok pemukiman permanen dan terpencil yang penduduknya kurang dari 1000 (seribu) jiwa dan yang tidak bisa dihubungkan dengan kelompok yang lain dalam jarak tempuh 3 (tiga) kilo meter melalui lintasan jalan kaki yang tidak membahayakan dapat menyimpangi standar sarana dan prasarana sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ini”(Pasal 2) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk (SD/MI), (SMP/MTs), dan (SMA/MA).
Sarana Pendidikan di Kecamatan Amfoanf Timur
Upaya pemerintah Kabupaten Kupang Provinsi NTT dalam rangka pendekatan pelayanan pendidikan di tapal batas tersebut, kiranya mendapat apresiasi dari masyarakat Amfoang Timur. Mengapa tidak ? Bahwasanya selain pendekatan pelayanan pendidikan, menjawab juga tuntutan pendidikan dasar dua belas tahun. Tetapi, upaya tersebut kiranya perlu berkelanjutan untuk mencapai standar proses.
Untuk
itu, dalam Permendikbud
menjelaskan bahwa; ”Standar Proses Pendidikan Dasar dan
Menengah selanjutnya disebut Standar Proses merupakan kriteria mengenai
pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan
dasar menengah untuk mencapai kompetensi lulusan" (Pasal 1.1)
Permendikbud Nomor
22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Dengan demikian, aspek progresif yang perlu
diperhatikan antara lain; peserta didik, ruang kelas, rombongan belajar, dan
kualifikasi pendidik serta tenaga kependidikan yang ada.
|
No |
Nama Sekolah |
PD |
Rombel |
Guru |
Tendik |
R. Kelas |
R. Lab |
R. Perpus |
|
1 |
TK Sesawi Nunuanah |
0 |
0 |
1 |
2 |
1 |
0 |
0 |
|
2 |
Ibu Anfrida |
29 |
1 |
0 |
1 |
2 |
0 |
0 |
|
3 |
KB Ebenhaezer Kifu |
32 |
2 |
2 |
1 |
2 |
0 |
0 |
|
4 |
KB MAumate Oepoli |
30 |
1 |
0 |
1 |
1 |
0 |
0 |
|
5 |
KB Melati |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
|
6 |
KB St.Antonius Padua Napunef |
19 |
1 |
1 |
1 |
2 |
0 |
0 |
|
7 |
KB St. Petrus Tataum |
21 |
2 |
2 |
1 |
2 |
0 |
0 |
|
8 |
Paud Hosana Tataum |
32 |
2 |
2 |
1 |
2 |
0 |
0 |
|
9 |
Paud Pancaran Kasih |
17 |
2 |
0 |
1 |
2 |
0 |
0 |
|
10 |
SDI Kifu |
192 |
6 |
8 |
1 |
8 |
0 |
1 |
|
11 |
SDN 2 Tataum |
105 |
6 |
6 |
1 |
6 |
0 |
1 |
|
12 |
SDN Leomanu |
85 |
6 |
7 |
1 |
6 |
0 |
0 |
|
13 |
SDN Mamlasi |
119 |
6 |
6 |
1 |
6 |
0 |
1 |
|
14 |
SDN Netemnanu |
125 |
6 |
2 |
2 |
6 |
0 |
1 |
|
15 |
SDN Nunuanah |
154 |
6 |
6 |
1 |
11 |
0 |
0 |
|
16 |
SDN Oepoli |
58 |
6 |
6 |
1 |
6 |
0 |
0 |
|
17 |
SDN Tataum |
120 |
7 |
8 |
1 |
8 |
1 |
1 |
|
18 |
SD Gmit Taloi |
55 |
6 |
4 |
1 |
6 |
0 |
1 |
|
19 |
SDK Bokos |
205 |
6 |
5 |
1 |
6 |
1 |
1 |
|
20 |
SMPN 1 Amfoang Timur Satu Atap |
233 |
9 |
15 |
1 |
10 |
0 |
1 |
|
21 |
SMPN 1 Amfoang Timur Satu Atap |
0 |
0 |
9 |
0 |
0 |
0 |
0 |
|
22 |
SMPN 2 Amfoang Timur Satu Atap |
43 |
3 |
7 |
1 |
3 |
0 |
0 |
|
23 |
SMPN 3 Amfoang Timur Satu Atap |
46 |
3 |
5 |
1 |
3 |
0 |
0 |
|
24 |
SMPN Oepoli Satu Atap |
0 |
0 |
1 |
0 |
0 |
0 |
0 |
|
25 |
SMPK Sant. Daniel Oepoli |
178 |
6 |
11 |
2 |
6 |
0 |
1 |
|
26 |
SMAN 1 Amfoang Timur |
265 |
10 |
23 |
4 |
9 |
2 |
1 |
|
27 |
SMAN 2 Amfoang
Timur |
114 |
6 |
10 |
2 |
6 |
0 |
1 |
|
Total |
2,277 |
109 |
147 |
31 |
120 |
4 |
11 |
Memahami
penyebaran data tersebut, bahwasanya setiap komponen masing-masing aspek masih ada yang belum
terpenuhi untuk menjadi perhatian bersama, antara lain;
Ø Komponen data peserta didik, rombel, guru/pendidik, tenaga kependidikan pada sekolah tertentu masih kosong/nol. Maka sekolah tersebut segera melakukan validasi data pokok pendidikan di sekolah dan selanjutnya sinkron ke pusat data pendidikan.
Ø Komponen data sarana/prasarana; ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang laboratorium pada sekolah tertentu masih kosong/nol. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap sekolah yang belum terpenuhi.
Ø Nomenklatur sekolah (SMPN 1 Amfoang Timur Satap) kiranya perlu diperhatikan sehingga tidak menimbulkan dampak pada pengolahan data selanjutnya.
Ø Khusus jenjang SD dan SMP perbandingan jumlah pada setiap komponen pendidikan belum merata. Karena itu, pemerataan tenaga pendidik/guru, mengharapkan semerata mungkin hingga menunjang pula tuntutan standar proses pendidikan.
Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan di daerah terpencil tersebut
adalah bagian yang tidak terpisahkan
dari berbagai akses termasuk akses lokal.
Dengan demikian penulis meninjau dari berbagai pesimisme dan optimisme masyarakat terhadap langkah pendidikan yang terjadi di daerah pedalaman. Upaya pemerintah sudah menjangkau daerah terpencil dan kini pada gilirannya usaha mewujudkan harapan seluruh masyarakat semerata mungkin. Karena itu kiranya dapat menunjang pula tuntutan hak peserta didik dan mencapai kompetensi lulusan.
Tinjauan ini hanya sebagian kecil dari keseluruhan pemikiran dan pandangan tentang pendidikan di Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang Provinsi NTT. Dan kiranya berkenan sebagai referensi bagi pemerhati pendidikan di tapal batas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan negara Republik Demokrat Timor Leste (RDTL). (Netemnanu, 6/3/2021)
Oleh ; Yohanes Subardi
